Jumat, 15 April 2016

Fitur Helpdesk Dapodikmen untuk SMA/K yang semakin membantu operator dalam troubleshoot terkait dapodik dan hal-hal terkait


Aplikasi Helpdesk Dapodik merupakan subsistem didalam pendataan data pokok pendidikan dasar dan menengah yang difungsikan untuk membantu menangani kebutuhan dan permasalahan pengguna/user terkait dengan kendala teknis, implementasi, informasi, serta seputar  transaksional yang berhubungan dengan data Dapodik di lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Selain sebagai media untuk memberikan layanan teknis, aplikasi ini juga berguna sebagai sarana berkomunikasi, konsultasi dan berkolaborasi operator Dapodik SMA-SMK. 


Maka dalam rangka meningkatkan layanan asistensi dan bimbingan teknis terhadap penggunaan Aplikasi Dapodik serta memberikan layanan konsultasi terhadap permasalahan seputar pendataan Dapodik, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah telah melakukan pembaruan terhadap Aplikasi Helpdesk Dapodik dari versi lama. Terdapat penyempurnaan dan penambahan beberapa fitur utama di dalam aplikasi dan juga manajemen pengelolaannya. Pengembangan aplikasi helpdesk yang baru mengarah kepada integrasi layanan yang sebelumnya terpisah-pisah seperti layanan melalui email, web, telephon dan front office untuk dapat dipadukan dalam satu media layanan sehingga lebih efektif dan terkontrol.

baju pria
Aplikasi helpdesk dapodik ini dikembangkan dengan menggunakan konsep Single Sign On (SSO). Artinya bahwa aplikasi helpdesk ini dapat langsung diakses oleh operator dapodik dan Dinas Pendidikan yang sudah terdaftar dalam Sistem Jaringan Pengelola Data Pendidikan di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sistem Jaringan Pengelola Data Pendidikan adalah sistem yang dikembangkan oleh Pusat data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan (PDSPK) sebagai media komunikasi antara pengelola data pendidikan di seluruh tanah air. 
Untuk langkah-langkahnya, baca juga Langkah-langkah menjalankan fitur Helpdesk Dapodikmen SMA/SMK.


komputer
Share:

Related Posts: