Aplikasi Helpdesk Dapodik
merupakan subsistem didalam pendataan data pokok pendidikan dasar dan menengah
yang difungsikan untuk membantu menangani kebutuhan dan permasalahan
pengguna/user terkait dengan kendala teknis, implementasi, informasi, serta
seputar transaksional yang berhubungan
dengan data Dapodik di lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Selain
sebagai media untuk memberikan layanan teknis, aplikasi ini juga berguna
sebagai sarana berkomunikasi, konsultasi dan berkolaborasi operator Dapodik
SMA-SMK.
Maka dalam rangka
meningkatkan layanan asistensi dan bimbingan teknis terhadap penggunaan
Aplikasi Dapodik serta memberikan layanan konsultasi terhadap permasalahan
seputar pendataan Dapodik, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
telah melakukan pembaruan terhadap Aplikasi Helpdesk Dapodik dari versi lama.
Terdapat penyempurnaan dan penambahan beberapa fitur utama di dalam aplikasi
dan juga manajemen pengelolaannya. Pengembangan aplikasi helpdesk yang baru
mengarah kepada integrasi layanan yang sebelumnya terpisah-pisah seperti
layanan melalui email, web, telephon dan front office untuk dapat dipadukan
dalam satu media layanan sehingga lebih efektif dan terkontrol.
Aplikasi helpdesk dapodik ini
dikembangkan dengan menggunakan konsep Single Sign On (SSO). Artinya bahwa
aplikasi helpdesk ini dapat langsung diakses oleh operator dapodik dan Dinas
Pendidikan yang sudah terdaftar dalam Sistem Jaringan Pengelola Data Pendidikan
di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sistem Jaringan Pengelola Data
Pendidikan adalah sistem yang dikembangkan oleh Pusat data Dan Statistik
Pendidikan Dan Kebudayaan (PDSPK) sebagai media komunikasi antara pengelola
data pendidikan di seluruh tanah air.
Untuk langkah-langkahnya, baca juga Langkah-langkah menjalankan fitur Helpdesk Dapodikmen SMA/SMK.