Minggu, 15 Mei 2016

Cara Login Aplikasi Dapodik (Untuk Operator Baru)

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua.

Kali ini kita kembali ke basic. Kenapa? Karena tidak bisa dipungkiri ternyata banyak saat ini operator-operator dapodik yang baru dengan segala latar belakang permasalahan yang berbeda-beda tentunya pembahasan basic ini cukup diperlukan bagi rekan-rekan baru kita.

Pada dasarnya tidak ada yang sulit dalam login pertama kali menggunakan aplikasi dapodik ini. Namun seperti kata pepatah yang menyebutkan "Bisa karena biasa..", itulah yang harus kita tanamkan dalam hati kita ketika membantu rekan-rekan baru kita.

Langsung saja ke tema pembahasan, namun sebelum melakukan pekerjaan ini pastikan anda sudah memiliki surat tugas dari kepala sekolah anda untuk didaftarkan pada portal SDM sebagai operator agar dapat mengoperasikan seluruh fasilitas operator yang disediakan oleh pihak pengembang kementerian sehingga akan lebih mudah untuk kedepannya. Untuk proses pendaftaran diportal SDM silahkan lihat pada artikel kami lainnya.

Langkah-langkah Login Dapodik pertama kali :

Langkah Pertama adalah lakukan registrasi Aplikasi Dapodik Sekolah Anda sekaligus registrasi user yang akan digunakan untuk login aplikasi dapodik selanjutnya.


Setelah anda menginstall aplikasi dapodik dan membukanya, akan muncul tampilan seperti diatas. Silahkan isi kolom-kolom isian yang telah disediakan dengan benar. Pastikan semua terisi kecuali kolom Yahoo Messenger dan Skype yang boleh anda kosongkan jika tidak ada. Pastikan juga anda telah memiliki Kode Registrasi Dapodik Sekolah anda, jika belum memilikinya mintalah kepada Dinas Pendidikan setempat.
Jika semua sudah terisi, klik simpan dan tunggu proses loading pendaftaran hingga selesai dan muncul pesan bahwa registrasi telah berhasil yang diikuti dengan pemberian NPSN dan Nama Sekolah pada Aplikasi Dapodik anda.

Langkah Kedua. Setelah registrasi berhasil, silahkan anda masukan email serta password yang sudah anda masukkan saat pendaftaran tadi. Pilih tahun pelajaran yang ingin anda isi data dapodiknya. Lalu klik Login. Jika gagal masuk, silahkan refresh atau tekan F5 untuk menyegarkan browser anda lalu ulangi isi email dan password, pilih tahun pelajaran, dan klik login lagi hingga muncul pesan "Login Berhasil. Tunggu sebentar..." seperti gambar dibawah.


Setelah login berhasil, maka akan muncul tampilan aplikasi Dapodik anda untuk pertama kali seperti gambar dibawah ini.


Demikian proses login aplikasi dapodik untuk pertama kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran, silahkan kirimkan pada menu layanan kami dan pilih hubungi kami untuk mengirimkan pesan yang ingin disampaikan.

Salam Satu Data
Salam Pejuang Data Pendidikan

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.


Share: