Jumat, 11 Maret 2016

Aplikasi Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal merupakan standar ambang batas minimal nilai siswa yang dianggap memenuhi syarat kelulusan atau ketuntasan belajar dalam setiap mata pelajaran yang diujikan. Namun tidak jarang guru-guru bingung untuk memberikan batasan nilai KKM untuk mata pelajaran yang diajarkannya, khususnya guru-guru yang masih baru.

Oleh karena itu, untuk memudahkan rekan-rekan guru dalam membuat standar ambang batas nilai KKM siswa dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang dapat dengan mudah digunakan siapa saja, kami bagikan salah satu contoh format yang mungkin bisa digunakan oleh rekan-rekan guru sekalian. Jika anda bukan guru dari jenjang sekolah dasar (SD), anda hanya tinggal menyesuaikan mata pelajaran, standar kompetensi, dan kompetensi dasarnya saja. Silahkan klik pada dokumen dibawah ini untuk mengunduh file tersebut.



Cara untuk menentukan nilai KKM per mata pelajaran pada aplikasi ini adalah :

  1. Isikan indikator 3, yaitu kompleksitas atau tingkat kerumitan dari kompetensi dasar yang bapak/ibu ajarkan
  2. Isikan indikator 4, yaitu sumber daya pendukung dari segi penguasaan materi tenaga pendidik (guru) dalam kompetensi dasar tersebut
  3. Isikan indikator 5, yaitu sumber daya pendukung dari segi kondisi dukungan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran terkait kompetensi dasar tersebut
  4. Isikan indikator 6, yaitu intake siswa atau potensi kemampuan siswa pada materi terkait kompetensi dasar tersebut.
  5. Maka KKM akan muncul dengan sendirinya.
Sebenarnya contoh ini akan lebih tepat sasaran untuk rekan-rekan guru yang bertugas di sekolah dasar, karena contohnya memang untuk sekolah dasar. Semoga dapat membantu. (ASY)

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.
Salam Pejuang Data Pendidikan!
Share: