Kamis, 02 Juni 2016

Ngajar dimana, SKTP muncul di kabupaten lain

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua...

Menarik sekali berita kali ini. Namun ini ternyata memang terjadi pada seorang guru di bumi nusantara ini. Kenapa seorang? ya, karena saya baru taunya satu, mungkin kalau dicari informasi lagi mungkin masih ada lagi yang mengalami hal serupa.

Jadi kasusnya adalah seorang guru yang mengajar di salah satu sekolah ini kaget ketika melihat data sekolah lembar cek info PTK via website gtk.kemdikbud.go.id yang dia buka saat itu. Perhatikan gambar dibawah ini.


Pada gambar diatas ditunjukan oleh beliau bahwa ada perbedaan antara data atas, dan data bawah. Dan rupanya beliau tidak menanyakan kepada operatornya, langsung bertanya pada pak yusuf rokhmat. Namun satu hal yang sedikit ganjil adalah kenapa untuk nama sekolah pada sub data kelulusan sertifikasi pendidiknya dihitamkan? agar tidak terlihat. Ya betul memang wkwk, tapi kenapa? ini justru menjadikan sulit untuk melihat apakah sekolahnya sama atau berbeda.

Akan tetapi, jelasnya adalah bahwa data pada bagian atas meupakan data yang diinput dari aplikasi dapodik sekolah yang saat ini bapak/ibu guru mengajar, sedangkan yang bawahnya adalah data saat bapak/ibu guru sertifikasi. Mungkin, data tersebut berbeda karena saat beliau sertifikasi, sekolah tempatnya mengajar bukanlah sekolah yang sekarang tempat beliau bertugas. maka data itu tentu saja menjadi tidak salah bukan? Namun sekalipun terjadi kesalahan dalam data sertifikasi yang bagian bawah, itu tidak akan menjadi masalah jika di aplikasi dapodiknya kita sudah mengisi datanya sesuai dengan yang sebenarnya. dan kesalahan dalam data bagian bawah bukanlah menjadi tanggung jawab dari bapak/ibu guru maupun operator sekolah, karena memang bukan ranahnya. Sedangkan data bagian atas adalah tanggung jawab operator yang harus sesuai dengan data guru sebenarnya.

Jadi apakah pertanyaan beliau benar, yang menanyakan mengapa sktp nya muncul di kota lain? jika pertanyaannya mengapa sktp (surat keputusan tunjangan profesinya) muncul dikota lain. Saya rasa itu tidak relevan dengan gambar yang beliau kirimkan. Jika permasalahannya hanya perbedaan sekolah saat beliau sertifikasi dengan saat mengajar sekarang saja, semoga tidak menjadi penghambat cairnya tunjangan beliau :) 

Semoga bermanfaat...

SALAM SATU DATA BERKUALITAS!
SALAM PEJUANG DATA PENDIDIKAN!

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Share: