Kamis, 02 Juni 2016

Tahun Pelajaran baru 2016/2017, data peserta didik akan dikunci!

Sebagaimana diinformasikan pada bulan juni lalu oleh bapak Yusuf Rokhmat melalui akun jejaring sosial facebooknya, bahwa mulai tahun pelajaran yang baru yakni tahun pelajaran 2016/2017 data peserta didik pada menu siswa dalam Aplikasi Dapodikdasmen akan dikunci. Artinya data siswa tidak akan bisa diedit lagi melalui Aplikasi Dapodikdasmen rekan-rekan operator dapodik sekalian.

Tapi tenang dulu, walau data siswanya katanya dikunci, itu gak semuanya kok. Hanya nama peserta didik atau siswa, tanggal lahir, dan NISN, sedangkan sisanya masih dapat diedit oleh rekan-rekan operator dapodik melalui Aplikasi Dapodik.

Terus kalau nanti ada salah di data-data yang dikunci gimana?

Tenang, kita masih bisa edit melalui aplikasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (VerValPD) yang sudah disediakan oleh Tim Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jadi gak perlu khawatir ya soal itu. Baca caranya di -> Penjelasan tentang VerValPD, fungsinya, dan Langkah-langkahnya Plus metode Pengajuan NISN terbaru!
Meski begitu, warning ini harus kita jadikan perhatian agar lebih teliti lagi dalam mengisi data peserta didik. Karena walau ada solusi untuk memperbaiki data peserta didik yang dikunci ini, prosesnya lebih memakan waktu dan juga memerlukan berkas yang harus diupload sebagai syarat dari perbaikan dalam layanan VerValPD.

So, persiapkan dirimu dan datamu dari sekarang!
Semangat Para Pejuang Data Pendidikan!

Salam Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Data Berkualitas!
Share: