Kamis, 02 Juni 2016

Sudah singkron Aplikasi Dapodik berulang kali, tapi di Lembar Cek Info PTK tidak ada perubahan

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua...

Saat admin sedang berselancar di dunia facebook, ternyata admin menemukan pertanyaan yang cukup penting dan menarik untuk dibahas. Dengan tujuan agar dapat membantu memberikan penjelasan bagi teman-teman operator yang mungkin mengalami masalah yang sama namun tidak membaca atau menemukannya juga difacebook hehe.

Masalahnya, saya sendiri juga pernah mengalami hal ini serta beberapa rekan-rekan operator di sekolah-sekolah lainnya, dan saya menanyakannya ke dinas pendidikan kota dan mendapatkan jawaban yang hampir serupa dengan jawaban Bpk. Yusuf Rokhmat.



Pertanyaanya, Kenapa data di dapodik dan info GTK tidak sama? Biasanya pertanyaan ini muncul ketika Tunjangan Sertifikasi sudah dicairkan hehe **biasanyaa yaaa...*. 

Dan jawaban yang diberikan oleh Pak yusuf ternyata cocok, yaitu cek riwayat gaji berkala dan pangkatnya, perhatikan terhitung mulai tanggalnya (TMT). Maksudnya disini adalah terkadang kita hanya terfokus pada data PTK ketika penginputan PTK baru atau cek keaktifan bulanan saja. Namun terkadang kita lupa untuk memperbaiki data lainnya yang juga dapat berubah-ubah secara berkali. salahsatunya adalah data kepangkatan (golongan dan pangkat).

Seperti yang saya tanyakan kepada dinas pendidikan kota bagian kepegawaian yang biasa menangani sertifikasi dan tunjangan-tunjangan. Bahwa untuk mendapatkan nominal yang sesuai dengan gaji saat ini, tidak hanya menambah riwayat gaji berkalanya saja. Akan tetapi juga penting untuk melihat kepangkatannya. Sekalipun PTK tersebut telah kita tambah riwayat gaji berkala dengan yang terbaru dan PTK tersebut tidak ada kenaikan pangkat golongan, Namun masa kerja pada data kepangkatan tersebut harus diubah sesuai dengan data riwayat gaji berkalanya. Karena menurut bapak yang menangani ini di dinas pendidikan kota, nominal gaji yang tertera pada info GTK tidak hanya melihat pada riwayat gaji berkala, namun juga melihat masa kerja dan pangkat PTK tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini terkait jawaban dari pak Yusuf Rokhmat ketika menjawab pertanyaan dari rekan operator yang sedang mengalami masalah ini.


Demikian informasi ini, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan operator semua.

SALAM SATU DATA!
SALAM PEJUANG DATA PENDIDIKAN!

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Share: