Kamis, 02 Juni 2016

Tahapan mengisi data menu Rombongan Belajar yang terbaik

Rombongan Belajar atau disingkat menjadi Rombel adalah suatu istilah tentang pengklasifikasian kelompok kelas pada tiap-tiap tingkatan. Rombongan belajar atau Rombel ini biasa disebut juga sebagai Kelas Parallel. Adanya rombongan belajar ini dimaksudkan agar memberikan kenyamanan belajar bagi peserta didik saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas pada sekolah-sekolah yang jumlah siswanya tergolong banyak dan melebihi batas maksimal siswa perkelas berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Rombel dalam Aplikasi Dapodik memang tidak sesederhana itu. Banyak hal yang perlu diisi dan dilengkapi dalam menu Rombel pada Aplikasi semua data sekolah tersebut. Diantaranya :
- Status siswa dikelas (misal: Pindahan, lanjutan semester, dll)
- Jumlah Jam Per Minggu tiap mata pelajaran pada tiap rombel.
- walikelas
dan masih banyak sub-sub menu yang harus dilengkapi datanya agar menjadikan data rombel Aplikasi Dapodik kita aktual dan teruji kevaliditasannya.

Adapun tahapan terbaik mengisi rombel dalam Aplikasi Dapodik versi OperatorDapodik.ID adalah :
  1. Input Siswa dalam menu peserta didik
  2. Input PTK yang bertugas sebagai walikelas (Jika belum dimasukkan)
  3. Input Rombel pada tiap tingkatan kelas
  4. Input walikelas pada tiap-tiap rombel
  5. Input peserta didik pada tiap-tiap rombel sesuai dengan kondisi sebenarnya
  6. Pastikan anda telah memilih status siswa sesuai dengan kondisi sebenarnya pada tiap-tiap peserta didik saat menginput siswa ke dalam rombel
  7. Input JJM (jumlah jam mingguan) tiap-tiap guru pada semua rombel aktif
  8. Simpan seluruhnya dan lakukan singkronisasi secara berkala setiap selesai melakukan input data rombel dalam Aplikasi Dapodik anda.
Semoga bermanfaat

SALAM SATU DATA BERKUALITAS!
Share: